Wednesday, October 19, 2011

Bertani Hanya Suatu Keterpaksaan


Sejak dahulu indonesia dikenal sebagai Negara agraris. Kondisi geografis yang memadai menjadikan Indonesia sebagai negara yang sangat berpotensi untuk pengembangan pertanian. Namun kondisi sumberdaya yang sangat baik dan mendukung bagi dunia pertanian tidak diimbangi dengan kualitas sumber daya manusia dan kemauannya untuk bertani.
Selama ini sering dijumpai para petani berusia di atas 40 tahun bahkan jauh lebih dari usia tersebut. Kondisi tersebut sangat mempengaruhi perkembangan pertanian di Indonesia. Permasalahannya bukan kurangnya sumberdaya yang memadai namun karena keengganan para kaum muda untuk menjadi petani, sehingga hanyalah kaum tua yang sudah tidak produktif lagi yang menjadi petani. Hal tersebut mengakibatkan perkembangan pertanian tidak berjalan dengan baik.
Selama ini pekerjaan bertani hanyalah sebagai pekerjaan pilihan terakhir karena sudah tidak adanya pekerjaan lain. Bukan karena ingin menjadi petani yang sesungguhnya. Sehingga proses bertaninya juga hanyalah sekedar untuk memenuhi kebutuhan hidup saja bukan berorientasi untuk mendapatkan keuntungan.

No comments:

Post a Comment